4 Cara Top Up DANA Yang Aman, Cepat Dan Mudah.

DANA memberikan banyak kemudahan untuk melakukan top up dana. Salah satu cara top up dana adalah menggunakan m-banking. Mungkin bagi Sebagian pengguna pemula masih merasa kesulitan untuk melakukan isi saldo DANA lewat M-Banking, maka di artikel kali ini admin akan berbagi cara isi saldo Dana lewat M-banking serta beberapa cara lain yang tentu nya cukup mudah, cepat dan tentu nya aman.

cara top up saldo dana

Apa itu DANA? Mungkin masih ada yang bertanya apa itu DANA dan apa manfaatnya serta kegunaannya. Baik, admin akan sedikit berbagi tentang apa itu DANA. DANA singkatan dari Dompet Digital Indonesia, merupakan salah satu layanan dompet digital yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran baik secara online maupun offline.

Penggunaan DANA dilakukan untuk transaksi nontunai dan nonkartu. Karenanya sebelum digunakan, harus dilakukan top up dana agar pengguna tetap bisa melakukan transaksi via DANA.

Bagaimana cara top up dana? Berapa minimal saldo DANA? Top up DANA lewat apa saja? Dan mungkin masih banyak pertanyaan lainnya. Silahkan simak penjelasan selengkapnya berikut ini yah!

Empat Cara top up DANA Dengan Aman

Ada banyak metode yang dapat dipilih untuk mengisi saldo DANA. Namun setiap cara top up saldo dana harus dipahami agar tidak terjadi kesalahan. Untuk menghindari adanya kesalahan fatal, para pengguna wajib memahami setiap cara yang dipilih. Berikut ini ada tiga cara top up dana yang akan dibahas dalam artikel ini.

1. Cara Isi Saldo Dana Lewat ATM BRI Yang Aman

Cara pertama untuk mengisi saldo DANA yaitu dengan menggunakan fasilitas ATM BRI. Karena mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan Jasa Bank BRI sehingga fasilitas ATM BRI sangat mudah untuk ditemukan. Jika ingin melakukan pengisian saldo melalui ATM BRI, maka perhatikan langkah mudah ini:

● Pertama carilah ATM BRI Terdekat.

● Seperti biasa memasukkan ATM serta pin terlebih dahulu untuk memulai transaksi .

● Selanjutnya temukan menu Transaksi lain yang terletak pada pojok kanan bawah.

● Kemudian pilih Pembayaran dan klik “Lainnya” untuk menemukan menu BRIVA.

● Masukkan kode BRIVA DANA yaitu 88810 disambung dengan nomor hp pengguna yang terdaftar di DANA. Contoh: 88810085XXXX.

● Pastikan nomor sudah benar, jika sudah benar maka langsung saja pilih “Benar”.

● Terakhir konfirmasi pembayaran dan pilih “Ya”.

● Transaksi selesai, jangan lupa untuk mengambil struk dan kartu ATM.

Baca Juga : Cara Membuat Akun DANA dan Upgrade DANA Premium, Mudah & Cepat!!

2. Cara Isi Saldo Dana Lewat M-Banking

Selain menggunakan ATM BRI, pengguna DANA banyak yang lebih memilih melakukan pengisian saldo melalui M-Banking. Karena dengan menggunakan M-Banking transaksi dapat dilakukan dari mana saja sehingga tidak perlu repot datang langsung ke ATM. Berikut ini merupakan cara isi saldo dana lewat M-Banking dengan mudah:

● Langkah pertama buka aplikasi DANA terlebih dahulu.

● Jika sudah terbuka, maka selanjutnya pilih menu top up di sebelah atas dengan memilih icon +.

● Kemudian pilih metode pembayaran dengan memilih logo Bank BRI. Untuk informasi, bahwa pembayaran melalui Bank BRI hanya tersedia mulai jam 00.30 hingga jam 21.30 WIB.

● Selanjutnya konfirmasi akun dengan memasukan nomor HP yang muncul, bahwa nomor tersebut benar milik pengguna yang terdaftar pada akun.

● Jika sudah dipastikan maka langsung saja klik “TOP UP”, maka akan muncul kode pembayaran.

● Lalu copy kode tersebut untuk melakukan langkah selanjutnya yaitu transfer menggunakan M-Banking.

Selanjutnya jika sudah mendapatkan kode pembayaran, maka selanjutnya melakukan proses pembayaran melalui M-Banking dengan langkah sebagai berikut:

● Pertama, buka aplikasi BRI Mobile lalu login dengan memasukkan username serta password.

● Kemudian klik “Pembayaran”.

● Dan pilih menu “BRIVA”.

● Lalu tempelkan kode pembayaran dana yang telah didapatkan tadi pada kolom yang tersedia dilanjutkan dengan masukkan nominal uang yang akan ditransfer ke akun DANA lalu klik “OK”.

● Jangan lupa untuk mengkonfirmasi data-data dan pastikan semuanya sudah benar.

● Lalu masukkan password M-Banking pada bagian paling bawah, kemudian klik “KIRIM”.

● Tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa transfer berhasil.

Baca Juga : Cara Upgrade DANA Premium Mudah Dan Cepat.

3. Berikut Ini Cara Top Up DANA Di Alfamart

Cara lain yang dapat digunakan untuk pengisian DANA yaitu melalui Alfamart. Cara ini sering dilakukan jika pengguna sedang tidak memiliki saldo di rekening bank. Sehingga harus mengisi saldo dengan menggunakan uang cash. Nah salah satu cara memasukkan saldo DANA dengan uang cash yaitu dengan memanfaatkan jasa Alfamart. Perhatikan langkah-langkah berikut:

● Untuk melakukan pengisian DANA melalui Alfamart, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari Alfamart terdekat.

● Kemudian tanya terlebih dahulu, apakah bisa melakukan Top Up atau tidak untuk memastikan bahwa sistem tidak sedang off atau gangguan.

● Jika bisa, maka langsung saja bacakan nomor HP yang terdaftar di akun DANA beserta nominal transfer nya.

● Jika sudah maka kasir akan menyebutkan nominal yang harus dibayar karena biasanya kena biaya admin. Sekedar informasi untuk pengisian saldo di Alfamart biasanya minimal 50.000 dan berlaku kelipatan nya.

4. Cara top up DANA via BCA ATM

Cara top up saldo DANA lewat ATM BCA, pada dasarnya sama saja dengan ATM bank lain. Namun untuk lebih detailnya, berikut cara top up DANA via BCA ATM.
1. Silahkan masukkan kartu BCA dan PIN
2. Kemudian pilih menu Transaksi Lainnya > Transfer > BCA Virtual Account
3. Selanjutnya masukkan nomor Virtual Account DANA di BCA yaitu 3901
4. Ketik nomor virtual account DANA diikuti dengan nomor HP DANA kamu. (contoh: 3901081312345678)
5. Silahkan masukkan nominal top up yang kamu inginkan, kemudian ikuti petunjuknya untuk menyelesaikan transaksi.
6. Transfer DANA minimal Rp 10 ribu.

Baca Juga : Begini Cara Menggunakan Aplikasi Dana Untuk Pemula.

Top up DANA bisa lewat apa aja?

Ada banyak kemudahan bagi pengguna DANA untuk melakukan top up dana. Diantaranya seperti yang disebutkan diatas, pengguna dapat melakukan isi saldo DANA melalui Alfamart, lewat m-banking bahkan juga lewat ATM BRI. Namun saat ini belum semua bank dapat digunakan untuk melakukan isi saldo DANA, kecuali yang sudah bekerjasama dengan DANA saja.

Top up DANA di Alfamart minimal berapa?

Cara top up DANA di Alfamart merupakan cara paling mudah menurut admin. Hanya dengan datang ke kasir, dan menyampaikan untuk transaksi isi saldo DANA, kasir akan membantu memproses transaksi kamu. Minimum isi saldo DANA di Alfamart, Alfamidi atau tempat lainnya adalah Rp50.000. Pengguna juga bisa memilih nominal top up dana mulai dari Rp100.000 hingga maksimal Rp500.000 kelipatan Rp50.000.

Apakah top up DANA bisa di Indomaret?

Dari beberapa sumber yang didapatkan oleh admin, cara top up dana dapat dilakukan di Indomaret. Namun untuk pastinya, lebih baik tanyakan dulu langsung ke kasir Indomaret. Sebab, kuatirnya sedang terjadi gangguan atau kendala lain. Sehingga tidak dapat dilakukan isi saldo melalui Indomaret.

Top up DANA minimal berapa?

Ketentuan minimal top up dana adalah sebesar 50.000 dan maksimal hingga 500.000. Apabila melakukan isi saldo melalui retail seperti Alfamart, DanDan, Lawson atau lainnya. Dan minimal sebesar 10.000 apabila melakukan top up melalui bank, serta biaya admin.

Demikianlah penjelasan tiga cara top up dana dengan aman. Selain tiga cara diatas masih ada banyak cara top up menggunakan metode lainnya yang bisa digunakan. Semoga cara ini dapat bermanfaat.