2 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online Tanpa SMS

Cara registrasi kartu Telkomsel merupakan langkah awal sebelum kartu SIM Card Telkomsel dapat digunakan. Sejak beberapa tahun yang lalu, registrasi kartu telepon adalah ketetapan peraturan pemerintah untuk semua pengguna kartu telepon. Tanpa didaftarkan terlebih dahulu, maka kartu Telkomsel Anda tidak akan dapat digunakan.

cara registrasi kartu Telkomsel secara online tanpa sms

Registrasi kartu Telkomsel ini wajib dilakukan oleh pengguna nomor Telkomsel lama, maupun kartu perdana Telkomsel. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir, adanya penyalagunaan nomor telepon. Seperti penipuan yang sudah sangat sering menimpa masyarakat Indonesia.

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Telkomsel?

Nah, secara umum cara registrasi kartu Telkomsel ataupun kartu telepon lainnya sangatlah mudah. Bahkan terkadang, saat kita membeli kartu perdana Telkomsel di counter atau Grapari sering ditawari untuk dibantu melakukan aktifasi kartu perdana tersebut.

Namun sebelum dilakukan registrasi kartu Telkomsel, ada beberapa dokumen persyaratan yang sebaiknya perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut syarat dokumen yang diperlukan untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel agar dapat segera di aktifasi.

1. Kartu Tanda Peduduk atau KTP yang masih aktif

2. Nomor Kartu Keluarga atau KK

3. Paspor untuk penduduk warga negara asing yang tinggal di Indonesia.

Setelah dokumen persyaratan tersebut sudah Anda sediakan, segera saja proses pendaftaran kartu Telkomsel baru dapat dilakukan, baik secara online ataupun offline melalui Grapari Telkomsel terdekat.

Nah berikut cara mudah registrasi kartu telkomsel secara online maupun offline yang dapat kamu lakukan.

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online Tanpa SMS dan Dengan SMS

Daftar kartu Telkomsel dapat dilakukan langsung secara mandiri melalui hp yang digunakan. Baik dengan cara mengirimkan SMS maupun registrasi kartu Telkomsel tanpa SMS, melalui web site Telkomsel secara resmi.

Untuk registrasi kartu Telkomsel lama dan kartu perdana Telkomsel melalui SMS, format yang digunakan berbeda. Berikut format dan cara registrasi kartu Telkomsel terbaru melalu SMS.

registrasi kartu telkomsel

Kartu Telkomsel Lama

Untuk kartu Telkomsel lama dan pernah didaftarkan, dan Anda ingin melakukan perubahan data dapat menggunakan cara registrasi ulang kartu telkomsel yang sudah terdaftar berikut ini.

1. Silahkan buka menu SMS di handphone yang menggunakan kartu Telkomsel yang belum terdaftar.

2. Kemudian ketik SMS dengan format, ULANGNIK#No KK#, contoh: ULANG 1234567890123456#3201060401130027#

3. Lalu kirim SMS ke nomor 4444

Selanjutnya silahkan tunggu SMS balasan yang berisi, pendaftaran kartu Telkomsel kamu telah berhasil dilakukan.

Kartu Telkomsel Baru

Cara registrasi kartu Telkomsel yang baru melalui SMS, langkahnya sama saja dengan cara registrasi untuk kartu lama. Namun, format yang digunakan didalam SMS berbeda. Silahkan gunakan format SMS: REGNIK#NomorKK#kirim ke 4444, contoh : REG 1234567890123456#3201060401130027#., kemudian silahkan kirim SMS ke nomor 4444. Selanjutnya silahkan tunggu SMS balasan yang berisi informasi pendaftaran kartu Telkomsel mu telah berhasi atau gagal.

Nah, itu tadi cara registrasi kartu Telkomsel secara online melalui SMS. Selanjuntya kamu juga dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel secara online malalui web site Telkomsel resmi. Berikut, langkah-langkah cara daftar kartu Telkomsel secara online.

1. Silahkan kunjungi web site Telkomsel untuk pendaftaran melalui link https://www.telkomsel.com/en/registrasiprabayar

2. Kemudian silahkan isi data lengkap yang diminta, seperti nomor HP, no kartu keluarga dan nomor KTP

3. Selanjutnya silahkan pilih untuk mendapatkan password

4. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor Telkomsel yang kamu daftarkan

5. Selanjutnya, silahak tekan tombol kiri.

6. Silahkan tunggu, informasi selanjutnya tentang pendaftaran kartu Telkomsel gagal atau berhasil.

Nah, registrasi kartu Telkomsel diatas dapat kamu gunakan untuk aktifasi berbagai macam produk dari Telkomsel seperti Simpati, Loop, Kartu AS dan Halo.

Baca juga : Cara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel dengan Mudah

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Offline

Apabila dua cara registrasi kartu Telkomsel secara online tersebut tidak berhasil atau gagal. Ada baiknya kamu melakukan cara registrasi kartu Telkomsel secara ofline melalui gerai Telkomsel terdekat.Berikut cara registrasi kartu Telkomsel offline malalui Graparti Telkomsel terdekat.

1. Silahkan kunjungi Graparti Telkomsel terdekat

2. Jangan lupa membawa dokumen persyarata, KTP, KK dan nomor Telkomsel yang hendak didaftarkan.

3. Silahkan ambil nomor antrian, dan tunggu sampai girilan kamu.

4. Apabila tiba giliran kamu, silahkan datang ke petugas dan sampaikan bahwa kamu hendak melakukan pendaftaran kartu Telkomsel.

5. Silahkan tunggu, CS Telkomsel akan membantu untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel mu.

6. Apabila sudah selesai, petugas akan memberitahukan bahwa nomor kartu Telkomsel sudah berhasil dilakukan.

Nah, jika ternyata kamu tidak menemukan lokasi Grapari Telkomsel terdekat di kota kamu. Dan kamu mengalami kesulitan untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel. Kamu juga dapat menggunakan cara registrasi kartu Telkomsel dengan dara menghubungi call center Telkomsel di nomor 188, atau melalui akun sosial media Telkomsel baik melalui twitter maupun facebook, serta layanan pelanggan Telkomsel lainnya seperti Email cs@telkomsel.com, layanan asistensi GraPARI Virtual, mesin pelayanan mandiri MyGraPARI, serta web dan aplikasi MyTelkomsel.

Baca juga: Cara Pinjam Pulsa Indosat Tanpa Aplikasi 100% Work

Apakah bisa registrasi kartu telkomsel tanpa kk?

Registrasi kartu Telkomsel tanpa KK dan KTP tidak dapat dilakukan. Apabila pelanggan belum memiliki persyaratan tersebut, dapat melakukan pendaftaran kartu Telkomsel dengan cara pinjam nomor NIK yang ada di kartu keluarga lainnya. Sebab ada aturan untuk satu nomor NIK dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran kartu sebanyak 3 kali pada setiap provider yang sama.

Kenapa gak bisa registrasi kartu telkomsel?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan registrasi kartu Telkomsel gagal. Bisa dikarenakan nomor NIK dan KK yang belum tervalidasi dari database dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. Atau karena nomor NIK yang didaftarkan sudah digunakan lebih dari tiga kali pendaftaran pada nomor provider yang sama. Jika demikian, apabila dari ketiga kartu yang sudah pernah di daftarkan tersebut sudah tidak digunakan, sebaiknya lakukan UNREG pada nomor tersebut. Agar kamu dapat melakukan aktifasi nomor Telkomsel yang baru.

Bagaimana jika sudah 5 kali gagal registrasi?

Apabila kartu Telkomsel gagal kamu daftarkan sebanyak lima kali, maka provider akan memblokir kartu tersebut. Apabila kamu masih mengingkan untuk menggunakannya, silahkan hubungi call center Telkomsel atau datang ke GRapari terdekat untuk dibantu oleh CS Telkomsel melakukan aktifasi pada kartu tersebut.

Nah, demikian sedikit ulasan tentang 2 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online Tanpa SMS yang dapat kamu lakukan. Segera saja kamu registrasi kartu Telkomsel agar kartu tetap dapat kamu gunakan.

Tinggalkan komentar