3 Tanda Anda Menerima Pesan Berbahaya Dari WhatsApp Dan Harus Segera Menghapusnya

WhatsApp kini menjadi layanan pesan yang paling banyak digunakan di dunia. Menurut laporan tersebut, jumlah pengguna WhatsApp mencapai 2 miliar.

Tak heran jika semakin sering digunakan, WhatsApp semakin menjadi sasaran berbagai upaya penipuan. Jadi, mendeteksi banyak tanda bahaya dalam sebuah pesan dapat membantu pengguna tetap aman.Tanda Anda Menerima Pesan Berbahaya Dari WhatsApp

Tanda Anda Menerima Pesan Berbahaya Dari WhatsApp

Ada begitu banyak upaya penipuan WhatsApp sehingga pesan dari teman atau keluarga dapat menjadi jebakan berbahaya jika Anda tidak hati-hati.

Untuk itu, pengguna WhatsApp harus berhati-hati saat meminta informasi pribadi dari siapa pun.

Pakar keamanan siber Comparitech Brian Higgins mengatakan ada tiga tanda pesan penipuan WhatsApp: Terutama pesan dari nomor tak dikenal.

Higgin, mengutip New York Post pada hari Jumat (5 Juni 2022): “Pesan penipuan sering kali datang dari nomor yang tidak dikenal. Mengatur daftar kontak Anda dengan hati-hati akan memudahkan untuk mengidentifikasi pesan penipuan.” katanya.

Selain itu, scammer menyamar sebagai pesan yang sah untuk memberikan bantuan terkait masalah teknis yang dihadapi pengguna. Scammers juga dapat menipu Anda dengan pesan yang berisi ajakan.

โ€œPengguna juga harus memastikan mereka menggunakan WhatsApp versi terbaru,โ€ katanya.

Pesan lainnya adalah pengguna harus selalu berpikir sebelum mengklik. “Jangan takut ketinggalan sesuatu dan hapus pesan sampah. Ini cara terbaik untuk tetap aman,” katanya.

Pakar keamanan siber lainnya, Tom Davidson, mengutip tiga tips penting untuk mengidentifikasi pesan penipuan yang sering beredar di WhatsApp.

* Apakah itu nyata atau scam? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang disebarluaskan, silakan kirim Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787670 ke WhatsApp dengan kata kunci yang diperlukan.

1. Teks dari orang asing, teks yang salah eja

Salah satu indikasi dari pesan yang menipu adalah bahwa pesan tersebut berasal dari kontak yang tidak dikenal. Kontak mencoba berinteraksi dengan penerima pesan.

Namun, penting untuk berhati-hati jika pesan orang asing berisi bahasa yang salah eja atau tidak pantas.

Ini juga dapat muncul jika seseorang telah menerima pesan dari kontak teman Anda tetapi berbicara dalam bahasa yang berbeda dari biasanya. Misalnya, ucapan Anda menjadi kaku atau bahkan berpura-pura akrab padahal biasanya Anda tidak terbiasa dengannya.

2. Waspadalah terhadap pesan yang disamarkan sebagai hadiah

Pengguna juga harus mewaspadai pesan yang memberikan manfaat lain. Misalnya, pesan yang berisi hadiah, bingkisan, atau diskon.

Terutama jika pesan tersebut tampaknya berasal dari merek yang memiliki reputasi baik dan meminta pengguna untuk memasukkan informasi pribadi.

3. Pesan melalui tautan yang dapat diklik

Pengguna harus berhati-hati untuk tidak mengirim pesan yang berisi tautan atau tautan yang dapat diklik yang tidak kami harapkan.

Demi keamanan, pengguna dapat memasukkan tautan secara manual di browser lain. Ini karena penyerang dapat menggunakan karakter khusus dalam pesan untuk menyembunyikan tautan berbahaya yang sekilas tampak sebagai situs yang dikenal atau bereputasi baik.

Baca juga: 2 CARA RESET PIN VERIFIKASI DUA LANGKAH WHATSAPP, TANPA EMAIL

Bagaimana agar tetap aman dari pesan penipuan di WhatsApp

Ada beberapa cara aman untuk tetap aman dari berbagai penipuan atau penjahat dunia maya.

Pertama, pastikan ponsel cerdas dan aplikasi Anda diperbarui ke perangkat lunak terbaru.

Pembaruan ini memberikan perbaikan keamanan penting yang memperbaiki bug perangkat lunak yang biasanya digunakan peretas untuk menyerang perangkat.

Kedua, pengguna harus waspada terhadap siapa yang meminta informasi pribadi mereka. Bahkan jika pesan itu dari kontak teman. Misalnya, detail kartu kredit atau informasi login.

Jika peretas mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda, pengguna dapat masuk kembali dan mengusir penyerang.

Fitur Responsive Emoji atau Responsif WhatsApp telah resmi diluncurkan. Hal ini dikonfirmasi oleh Will Cathcart, kepala WhatsApp, dalam sebuah video di Twitter dan blog WhatsApp.

Saat mengumumkan fitur tersebut, dia berkata, “Kami sangat senang mengumumkan bahwa WhatsApp akan merespons dengan ๐Ÿ‘โค๏ธ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ข๐Ÿ™ dengan semua emoji dan warna kulit yang akan datang.”

Dengan fitur baru WhatsApp ini, Anda akan melihat banyak reaksi emoji intuitif. Namun, tampaknya fitur ini diluncurkan secara bertahap, karena tidak semua pengguna dapat langsung menggunakannya.

Jika Anda bertanya-tanya, berikut cara menggunakan fitur React atau Reaksi Emoji di WhatsApp.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg, CEO Meta, mengumumkan bahwa WhatsApp memiliki interaksi emoji. Dia mengumumkan informasi ini melalui akun Facebook dan Instagram resminya.

Mengutip unggahan di Instagram Stories, Mark menulis pada Jumat (6/5/2022) “Respons WhatsApp akan dimulai hari ini”. Pemuatan juga menunjukkan enam reaksi yang ada saat ini.

Ada reaksi seperti acungan jempol, hati, tawa lebar, kejutan dan kesedihan. Ada juga tanggapan yang sering diartikan sebagai ucapan terima kasih atau ulang tahun.

Tinggalkan komentar