7 Cara Transfer Saldo DANA Cepat, Mudah Dan Aman!

Cara transfer saldo Dana banyak dicari di internet oleh sebagian pengguna pemula aplikasi DANA. Sangatlah wajar, sebab tentu sangat kuatir kan apabila kamu transfer ternyata saldo tidak sampai, padahal saldo tabungan atau saldo kamu sudah berkurang.

cara transfer saldo dana

Transfer adalah salah satu fitur unggulan yang disediakn aplikasi DANA untuk para pengguna. Namun, agar dapat memanfaatkan semua fitur DANA, seperti fitur transfer, pembayaran dan lainnya, maka akun DANA harus terlebih dahulu di upgrade menjadi akun premium.

Adapun bagaimana cara daftar akun DANA, bagaimana cara upgrade DANA premium, silahkan baca pada artikel kami sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, admin hanya akan membahas bagaimana cara transfer saldo DANA baik ke sesama akun DANA, ke rekening bank atau bahkan ke akun dompet digital lainnya, seperti cara transfer saldo dana ke gopay, cara transfer saldo dana ke ovo, ara transfer saldo dana ke linkaja dan beberapa hal lain termasuk apakah mungkin transfer saldo DANA tanpa upgrade akun DANA premium.

Berbagai Cara Transfer Saldo DANA

1. Cara Transfer Saldo Dana Ke Rekening Bank

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa untuk dapat menggunakan fitur transfer pada aplikasi DANA, maka kamu harus melakukan upgrade Akun DANA ke status Premium. Setelah, akun DANA berubah status menjadi akun Dana premium, berikut langkah-langkah cara transfer saldo DANA ke rekening bank:

Silahkan buka aplikasi DANA di smartphone kamu.

Kemudian pilih menu Kirim ke Bank.

Lalu, silahkan tambahkan rekening bank baru tujuan transfer

Selanjutnya silahkan masukkan nama bank tujuan dan nomor Rekening Bank tujuan.

Kemudian, klik Simpan & Lanjutkan.

Selanjutnya silahkan masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer dari Saldo DANA.

Lakukan konfirmasi jumlah total yang akan dikirim dan biaya transaksi yang dikeluarkan.

Jika sudah benar, kemudian klik tombol Bayar dan masukkan PIN DANA.

Tunggu proses sampai selesai dan transfer saldo DANA ke rekening Bank selesai dilakukan!

2. Cara Transfer Saldo Dana Ke Gopay

Bisakah mengirimkan saldo DANA ke Gopay atau dompet digital lainnya? Jawabannya adalah mungkin dan canyanya pun cukup mudah. Berikut bagaimana cara kirim saldo DANA ke akun Gopay, silahkan simak langkahnya berikut ini.

1.Silahkan buka aplikasi DANA dan silahkan login ke akun DANA kamu, kemudian klik menu “Send”.

2. Kemudian pilih menu “Kirim ke Rekening Bank”.

3. Selanjutnya masukan informasi bank tujuan. Untuk mengirimkan saldo DANA ke Gopay, maka bank tujuan yang dipilih adalah PERMATA BANK. Kemudian silahkan Isi kolom Nomor Akun dengan format 898 + Nomor HP yang terdaftar di akun GOPAY atau GOJEK tujuan, contoh 898087123567891. Isi kolom Alias sesuai keinginan. Jika sudah semua terisi, silahkan klik “ADD NEW BANK”.

4. Kemudian masukan jumlah nominal yang ingin kamu transfer. Jika sudah, klik NEXT.

5. Selanjutnya akan muncul rincian transaksi. Silahkan periksa kembali kebenaran informasi nominal transfer dan nama akun GOPAY tujuan. Jika sudah benar, klik tombol “KONFIRMASI”.

6. Selanjutnya silahkan masukan PIN DANA.

7. Silahkan tunggu proses, nanti akan muncul notifikasi yang berisi pemberitahuan Pembayaran Berhasil! Selamat transfer saldo DANA ke GoPay sukses dilakukan.

3. Cara Transfer Saldo Dana Ke Ovo

Pengguna aplikasi juga dapat melakukan transfer atau kirim uang ke pengguna e-wallet lainnya, termasuk OVO. Bagaimana caranya? Silahkan simak penjelasan berikut.

1. Buka aplikasi DANA

2. Pilih menu lihat semua

3. Buka bagian sub menu Top Up lalu pilih Saldo Digital

4. Pilih OVO

5. masukkan nomor HP akun OVO tujuan

6. Isi nomimal transfer DANA ke OVO yang di kehendaki

7. Kemudian klik Konfirmasi

8. Selanjutnya akan muncul notifikasi dari aplikasi jika transfer sudah berhasil.

4. Cara Transfer Saldo Dana Ke Linkaja

Pengguna DANA dapat melakukan transfer saldo DANA ke LinkAja dengan mudah, dengan mengikuti cara di bawah ini.

1. Silahkan Buka Aplikasi DANA kemudian pilih menu “KIRIM”

2. Kemudian pilih menu “ Kirim ke akun Bank” dan kemudian pilih “Kirim ke Rekening Bank”

3. Silahkan isi lengkap informasi Bank atau akun LinkAja tujuan.

Karena tujuan transfer adalah ke LinkAja, maka silahkan, isi nama bank dengan mengetik LinkAja/TCASH. Kemudian masukkan nomor Akun LinkAja tujuan dengan format 911+ nomor ponsel akun LinkAja yang di tuju. Misalnya 911 + 081214519762 menjadi 911081214519762. Untuk kolom alias, silahkan beri nama pada rekening kamu. Misalnya kamu tulis “LinkAja”.

4. Setelah itu, pilih “Tambah Bank Baru” dan isi nominal saldo DANA yang ingin kamu transfer ke LinkAja. Pilih “Lanjut”, “Kirim

5. Silahkan tunggu proses sampai selesai, dan nanti akan muncul pemberitahuan transfer berhasil

Apakah DANA bisa transfer tanpa premium?

Bagi pengguna dompet digital pasti sudah sering mendengar aplikasi Dana. Sebuah aplikasi dompet digital yang memiliki banyak fitur seperti menyimpan dan mengirim saldo. Nah, bagi pengguna pemula dompet digital DANA mungkin masih bingung bagaimana cara transfer saldo Dana? Namun. buat kamu pemilik akun DANA premium mungkin sudah banyak mengetahui caranya.

Dana membagi jenis akunnya menjadi dua, yakni akun DANA basic dan akun Dana Premium. Agar dapat menggunakan semua fitur yang tersedia di aplikasi DANA, kamu harus melakukan upgrade akun Dana menjadi DANA Premium. Namun, Proses upgrade membutuhkan beberapa data seperti KTP, foto diri dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar akun Dana dapat diverifikasi untuk keamanan dan kebutuhan lain. Lantas, bagaimana jika pengguna tidak memiliki KTP atau tidak berniat untuk upgrade? Apakah masih dapat menggunakan fitur kirim saldo baik ke sesama akun Dana atau Bank?

Tentu masih tetap dapat dilakukan, bagaimana caranya? Silahkan simak penjelesan lengkapnya cara transfer saldo Dana tanpa upgrade yang bisa dilakukan.

Cara Transfer Saldo Dana Tanpa Upgrade Melalui Bantuan Situs

Proses upgrade bagi sebagian orang cukup merepotkan. Meski begitu, kebutuhan mengirim saldo tetap tidak dapat dihiraukan. Melihat masalah ini, hadir berbagai situs yang menawarkan jasa kirim saldo meski pemilik akun belum meningkatkan ke akun premium.

Tentu saja jasa ini menjadi angin segar dan semakin memberikan kemudahan pada pemilik akun Dana maupun e-wallet lain. Adapun cara yang dapat dilakukan agar proses mengirim saldo lancar adalah sebagai berikut:

1. Cari Jasa Kirim Saldo

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mencari situs pihak ketiga yang menyediakan jasa kirim saldo. Ada banyak penyedia jasa kirim saldo yang bisa ditemukan di internet contohnya ahlipulsa.com. Jika situsnya telah ditemukan, buka situs tersebut.

2. Tentukan Tujuan Mengirim Saldo

Pada laman utama situs, pengguna akan disuguhi berbagai menu. Pilihlah tujuan pengiriman saldo Dana, misalnya ShopeePay. Cara transfer Dana ke ShopeePay melalui situs ini adalah dengan menekan menu ShopeePay. Tahap ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman pengguna.

3. Isi Keterangan yang Diperlukan

Setelah menentukan tujuan saldo akan dikirimkan, akan ada jendela baru yang mesti diisi. Isi kolom nomor ponsel dengan nomor tujuan transfer. Saat nomor telah diisi, akan muncul nominal pengiriman yang dapat dipilih.

Pada kolom metode pembayaran, pengguna dapat mengisi dengan QRIS. Metode ini memungkinkan pengguna membayar dengan aplikasi Dana. Jangan lupa untuk mengisi kode keamanan dengan kode yang tertera di sampingnya. Jika sudah, tombol “Pesan Sekarang” dapat ditekan.

Baca Juga : Cara Upgrade DANA Premium Mudah Dan Cepat.

4. Lakukan Pembayaran Segera

Sistem akan memberikan informasi berapa nominal yang harus dikirim plus biaya fee-nya dan kode QR. Pastikan kode QR memenuhi layar dan tidak terpotong lalu screenshot kode tersebut. Buka aplikasi Dana sebagai cara transfer saldo Dana tanpa upgrade selanjutnya lalu tekan tombol “Pay” yang tersedia di bagian bawah aplikasi.

Unggah gambar kode QR tadi melalui ikon galeri yang muncul di layar. Jika tidak terbaca, kode QR dapat dikirimkan terlebih dahulu ke ponsel lain lalu lakukan scan. Kode yang berhasil terbaca akan memunculkan informasi terkait berapa yang harus dibayarkan oleh pengguna. Tekan “Bayar” dan tunggu saldo masuk ke akun tujuan.

Kirim Saldo Dana Tanpa Upgrade Melalui Aplikasi

Selain situs, mengirim saldo Dana tanpa akun premium pun dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi. Aplikasi yang akan digunakan kali ini adalah MociPay. Berikut cara yang dapat ditiru:

1. Install dan Daftarkan Diri

Carilah aplikasi MociPay di Google Play Store lalu install pada ponsel pengguna. Setelah aplikasi berhasil dipasang, buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran dengan menekan “Daftar sekarang”. Isi informasi yang dibutuhkan lalu tekan “Daftar”.

2. Isi Saldo MociPay

Kembali ke laman utama, tekan “Top Up” untuk mengisi saldo MociPay. Pengguna dapat memasukkan nominal sesuai kebutuhan atau sejumlah yang akan dikirim nantinya. Pilihlah pembayaran melalui Dana dan akan muncul kode QRIS. Scan kode tersebut melalui aplikasi Dana.

Pengguna akan diarahkan untuk melakukan pembayaran melalui Dana. Jika saldo tidak mencukupi, pengguna dapat mengisi saldo terlebih dahulu di Alfamart. Cara transfer uang lewat Dana di Alfamart dapat dengan mengunjungi kasir lalu pengguna akan diberikan penjelasan lengkapnya.

Baca Juga : Begini Cara Menggunakan Aplikasi Dana Untuk Pemula.

3. Kirim Saldo ke Rekening/ Akun Tujuan

Setelah saldo MociPay terisi, pengguna dapat menekan akun tujuan yang akan dikirimkan. Tekan “Jenis Top Up” lalu masukkan nomor akun tujuan. Masukkan juga nominal yang akan dikirim lalu tekan “Beli”. Pada halaman konfirmasi, tekan “Bayar” dan masukkan PIN MociPay pengguna. Dengan begitu, saldo telah terkirim ke akun tujuan.

Demikian beberapa cara transfer saldo Dana yang dapat dilakukan baik melalui akun Dana Premium atau tanpa upgrade DANA premium dengan memanfaatkan situs ataupun aplikasi pihak ketiga. Perlu diketahui untuk inimal transfer Dana ke akun lain adalah 10 ribu rupiah. Maka dari itu, pastikan transaksi di atas 10 ribu agar dapat diproses.